Friday 8 March 2013

Neurolasi Pada Aves

Posted by Embriology of Birds On 07:30 | No comments
 
image

Pembentukan yang mengiringi pembentukan gastrula ialah neurulasi atau tubulasi (pembumbungan). Neurulasi merupakan proses awal pembentukan sistem saraf yang melibatkan perubahan sel-sel ektoderm bakal neural, dimulai dengan pembentukan keping neural, lipatan neural dan berakhir dengan terbentuknya tabung neuron (neural tube).(Roesma, 2008).
image

Tubulasi atau neurulasi terjadi mulai dari daerah kepala sampai ekor. Terdapat tiga lapisan germinal embrio, yaitu ectoderm, mesoderm dan endoderm yang menyusun diri membentuk sebuah tabung atau bumbung. (Yatim, 1994). Tidak semua neurulasi terjadi mulai dari daerah kepala sampai ekor, misalnya lapisan mesoderm neurulasi hanya berlangsung di daerah truncus embrio.

Neurulasi dimulai dengan pembentukan lempeng neuron (neural plate), suatu lapisan ectoderm yang tebal yang menyebabkan sel-sel epitel cuboidal menjadi columnar (Kenyon, 2008). Setelah notokord terbentuk, lempeng neuron (neural plate) melipat ke arah dalam dan menggulung diri menjadi tabung neuron (neural tube). Ketika neurulasi ectoderm saraf berlangsung, terjadi pula differensiasi awal yang akan menyebabkan berkembangnya sumsum tulang belakang (spinal cord) dan encephalon (otak). Kemudian, pada kedua ujung anterior dan posterior terdapat lubang bumbung (neuropore). Pada aves, neuropore posterior disebut sinus rhomboidalis, karena berbentuk ketupat. (Yatim, 1994)

Jaringan pada daerah pertemuan pinggir-pinggir tabung itu memisah dari tabung sebagai pial neuron (neural crest). Sel-sel neural crest tersebut bergerak dari neural tube dan menghasilkan banyak variasi struktur jenis sel, seperti sel tulang, sel tulang rawan di tengkorak, sel-sel pigment kulit dan sel-sel ganglion punggung dan saraf otak. (Campbell, 2002). Epidermis dan neural plate mampu membentuk sel-sel neural crest. Pada peristiwa ini notochord juga berperan untuk menginduksi pembentukan neural plate (Kenyon, 2008).
Sebuah embrio dengan tabung neuron (neural tube) yang sudah selesai terbentuk mempunyai banyak somit yang membentuk notokord. Somit terbentuk dari pemanjangan mesoderm yang memisah menjadi blok-blok, tersusun berseri pada kedua sisi sepanjang notokord itu.
image

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews